Ini penyebab anak aktif sering terkena batuk pilek !

Bermain di luar adalah kegiatan yang sangat baik untuk anak-anak. Selain meningkatkan kesehatan, kegiatan ini juga bisa melatih anak untuk bersosialisasi. Meski begitu, beberapa orang tua mungkin takut bahwa anak mereka mungkin menderita batuk pilek. Apakah ini benar?

Orang tua harus sangat pintar untuk melindungi anak-anak mereka ketika mereka pindah. Karena bermain di luar ruangan dapat membuat anak-anak terkena debu dan polusi udara, suhu panas atau dingin, dan berbagai kuman. Itulah yang membuatnya rentan terhadap batuk pilek, terutama jika kondisi tubuhnya tidak dalam kondisi prima.
Hubungan antara bermain di luar ruangan dan masuk angin, batuk pada anak-anak

Ada banyak alasan mengapa anak-anak yang aktif di luar rumah lebih rentan terhadap batuk pilek. Inilah beberapa di antaranya:

  • Bermain di luar selama musim hujan

Anak-anak lebih rentan terserang flu ketika musim hujan tiba. Selain air hujan yang bisa mengandung polutan dan kotoran, udara dingin dan hujan juga memaksa tubuh anak untuk cepat meningkatkan suhu tubuh agar tidak kedinginan.

Ini dapat melelahkannya dan menyebabkan penurunan staminanya, yang memfasilitasi penyakit. Karena itu, untuk mencegah anak-anak batuk pilek selama musim hujan, batasi waktu bermain mereka dan jangan biarkan mereka bermain di luar saat hujan.

  • Pekerjakan teman yang sakit

Jika, saat bermain atau melakukan kegiatan di luar rumah, salah satu teman bermainnya masuk angin, anak itu mungkin terinfeksi. Apalagi jika daya tahan tubuh menurun, balita bisa lebih mudah tertular penyakit.

  • Paparan terhadap polusi

Dalam kegiatan di luar ruangan, anak-anak umumnya lebih terpapar polusi udara. Ini bisa membuat anak rentan terhadap iritasi dan infeksi saluran pernapasan. Tidak heran mereka sering batuk-pilek.

Untuk alasan ini, Anda harus memastikan bahwa sekolah kecil atau taman bermain jauh dari jalan raya yang sibuk, untuk meminimalkan paparan polusi udara. Ingat bahwa asap rokok juga termasuk polusi udara yang harus dihindari.

  • Terlalu lelah untuk bermain

Anak-anak sering lupa waktu karena mereka terlalu sibuk bermain. Itu sebabnya Anda perlu membatasi waktu bermain Anda agar anak Anda tidak kelelahan. Terlalu lelah dapat mengurangi sistem kekebalan anak dan membuatnya lebih rentan terhadap penyakit seperti batuk dan pilek.

  • Jangan menjaga kebersihan dengan benar

Anak-anak yang sering bergerak di luar ruangan rentan terhadap batuk-pilek jika mereka tidak menjaga kebersihan, misalnya, jangan mencuci tangan setelah bermain. Ingatkan anak untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan, karena di fasilitas umum dan tempat-tempat, termasuk taman bermain, ada lebih banyak kuman yang menyebabkan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *