penyebab kulit rusak pada wanita.

Banyak orang mendambakan kulit wajah yang lembut, sehingga beberapa upaya dilakukan untuk merawat kulit wajah dan melindunginya dari kerusakan. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah? Dan kebiasaan ini mungkin Anda lakukan tanpa disadari.

Polusi, radikal bebas, dan paparan sinar UV diketahui merusak kulit kita. Namun, kerusakan pada kulit tidak hanya disebabkan oleh faktor lingkungan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan secara tidak sadar, yang dapat merusak kulit wajah kita.

Kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah – Alodokter
Kebiasaan buruk ini bisa merusak kulit

Kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit tidak selalu terkait dengan kebiasaan malas membersihkan atau merawat kulit wajah. Pilihan produk perawatan yang salah atau perawatan kulit yang salah juga dapat menyebabkan masalah. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak kulit wajah kita.

  • Penggunaan kosmetik dengan alkohol berlebih.

Mulai sekarang, pilih kosmetik dengan bahan yang cocok untuk jenis kulit Anda. Untuk kulit kering atau sensitif, Anda harus menghindari menggunakan produk yang mengandung alkohol, wewangian, retinoid atau asam alfa hidroksi. Zat ini akan membuat kulit Anda lebih kering dan bahkan iritasi.

Sementara produk dengan kandungan alkohol cetearyl masih diperbolehkan. Cetearyl alcohol memiliki struktur kimia yang berbeda dari alkohol biasa. Jenis alkohol ini dapat benar-benar melembabkan dan tidak mengiritasi kulit.

  • Tidur dengan make up masih menempel di wajah.

Tidur tanpa membersihkan riasan membuat kotoran dan sisa riasan menumpuk di wajah. Akibatnya, pori-pori kulit menjadi tersumbat sehingga muncul jerawat. Karena itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan kosmetik yang menempel di kulit sebelum tidur.

  • Penumpukan bakteri pada sikat dan spons.

Kuas kosmetik atau spons yang tidak dibersihkan secara rutin dapat menjadi tempat pertemuan bakteri, menyebabkan infeksi pada kulit wajah saat digunakan.
Untuk menghindari infeksi ini, bersihkan sikat atau spons setiap minggu dengan air hangat dan sabun lembut.

  • Gunakan scrub kulit yang berlebihan

Kebiasaan buruk lain yang berpotensi merusak kulit Anda adalah dengan menggunakan exfoliant berlebih. Jika Anda terlalu sering membersihkan wajah dengan exfoliant, kulit Anda mungkin kehilangan minyak alami dan mengalami iritasi.

Pengelupasan wajah cukup dilakukan sekali atau dua kali seminggu, dan Anda harus menghindari menggunakannya jika kulit wajah Anda kering atau teriritasi.

  • Terlalu banyak mandi.

Sebisa mungkin, hindari kebiasaan mandi yang lama, karena dapat merusak kulit. Cukup mandi selama 5-10 menit. Saat mandi atau membersihkan wajah, Anda harus menggunakan air hangat atau dingin. Kebiasaan mandi dalam waktu lama atau terlalu sering mandi air panas dapat merusak kulit wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *